Friday, April 12, 2019

RUMAH KONSEP FRANK LLOYD WRIGHT

Disusun : ANDI KHUSNULYAKIN, MT


Biografi Frank Lloyd Wright

WRIGHT lahir di sebuah pedesaan di Wisconsin Amerika Serikat pada 08 Juni 1867. Ia belajar di University of Wisconsin sejak 1885, tetapi berhenti pada tahun 1887. Ia kemudian mendapatkan gelar Doktor Kehormatan di University of Wisconsinpada tahun 1955. Selanjutnyaia bergabung dengan firma arsitektur Joseph Lyman Silsbee di Chocago. pada tahun yang sama ia juga bekerja di kantor Dankmar Adler dan louis Sullivan.

Pada tahun 1893 ia mendirikan perusahaan sendiri di kediaman barunya Oak Park, pinggiran Chicago. Hingga 1901 ia telah bekerja sekitar 50 proyek.

Wright bekerja sebagai seorang arsitek, penulis, dealer seni, dan kolektor. Seteleh perjalanan ia ke Jepang pada tahun 1905, ia mendapatkan pelajaran penting mengenai ukiran kayu dari Ukiyo yang kemudian ia gunakan sebagai bagian dari perencanaan material di proyeknya. Dengan hal tersebut ia mendapatkan ketrampilan baru dan membuat dia lebih memahami tentang hubungan antara perencanaan bangunan yang ia desain dan benda-benda seni.



Karya Frank Lloyd Wright

Vila Fallingwater adalah karya Weight yang mengandung filosofi desain terbaik diantara karya-karyanya yang terkenal. Vila Falingwater tersebut dibangun untuk Edgar j. Kaufmann di atas air terjun kecil.

Keinginan sebenarnya dari Frank Lloyd Wright adalah membangun arsitektur independen dari benua baru (Amerika) sebab setelah berabad-abad ia merasa bahwa budaya Amerika sangat bergantung pada benua Eropa. Akhirnya dia menciptakan karya yang diberi nama Rumah Prairie atau Prairie House yang menjadi simbol ekspresi semangat Amerika terhadap demokrasi. Semangat kepeloporan dan saling terkait atau saling atau saling bersatu. Pada desain ini unsur yang paling penting adalah area perapian sebagai tempat pertemuan masyarakat. Bangunan ini didesain secara harmonis dan menyatu secara keseluruhan dengan kawasan pedesaan sekitarnya.

Frank Lloyd Wright adalah salah satu arsitek pertama yang menggunakan istilah "arsitektur organik". Dia menciptakan arsitektur organik sebagai jembatan penghubung antara hal-hal organik di dalam arsitektur dengan berbagai unsur seni, alam, dan aspek kehidupan manusia.

Frank Lloyd Wright mendirikan studio dengan nama Taliesin. Ia juga mendirikan beberapa Workshop di tengah-tengah daratan Amerika sebagai platform pengembangan untuk arsitektur Amerika baru yang independen. Kantor Weight adalah daya tarik bagi arsitek muda di seluruh dunia yang kadang-kadang bekerja dengannya, mengikuti gayanya dan kemudian mengembangkannya di negara asal mereka, contohnya adalah Werner Max Moser.


Dalam bukunya Ketika Demokrasi Membangun (1950), Frank Lloyd Wright emnciptakan semacam rencana induk utopis untuk peradaban abad ke-21 "Usonien" (Usonian) Wright disebut sebagai visioner Amerika. Konsep ini terdiri dari atas bentuk perkotaan baru yang dibuat olehnya dan diberi nama "hak individualitis" mereka, tetapi bukan individualitas yang bersifat egois melainkan tetap dalam bingkai demokrasi yang utuh dan benar. Karena semua pemimpin potensial, termasuk politisi, filsuf, seniman, dan lain-lain telah dianggap gagal. Usonien akan dipimpin oleh seorang arsitek. Pemerintah hanya berkewajiban mengerjakan tugas-tugas administratif.


Karya Terkenal Frank Lloyd Wright

- Prarie House, desain yang mengintegrasikan struktur bangunan dalam lansekap

- Solomon R. Guggenheim Museum di NewYork.

- Gedung administrasi untuk perusahaan  Johson Wax

- Villa Fallingwater





Thursday, April 11, 2019

RUMAH EKSOTIS Ala ALVAR AALTO HOUSE (Desain 2)

Disusun Oleh ANDI KHUSNULYAKIN, MT.

Rumah ini adalah varian dari desain yang pertama (desain 1). Area Carport yang bergeser ke sisi kanan menyebabkan perubahan layout denah bagian dalamnya.


1. Ruang Tamu
Ruang tamu pada desain ke dua ini lebih kecil dari desain 1, tetapi ruang keluarga menjadi lebih luas dan bentuk denah secara keseluruhan menjadi lebih bujur sangkar.

2. Ruang belakang
Dinding bagian belakang dibuat transparan dengan pintu geser yang dapat dibuka dengan lebih lebar. Dengan demikian jika pintu tersebut dibuka, ruang dalam lebih terasa luas dan area hijau atau taman dapat dinikmati dari ruang dalam atau ruang keluarga.


3. Sirkulasi
Pintu area servis yang dapat di akses dari carport membuat sirkulasi menjadi lebih sederhana dan mudah di akses. Untuk meghindari kesalahan tamu masuk  ke area servis maka pintu masuk area servis dibuat tersembunyi atau tidak terlihat langsng dari arah depan.

4. penghawaan
Posisi bukaan pintu depan dan belakang yang hampir sejajar dapt menciptakan penghawaan alami yang cukup baik, sehingga pertukaran udara alami lebih lancar. Adapun jika ruang ini tidak menggunakan penghawaan buatam, lubang ventilasi dapat dibuat di kedua sisi dinding tersebut. Area teras samping dekat dapur juga dapat menjadi area pertukaran udara alami, mengingat di area ini banyak terdapat udara kotor hasil kegiatan memasak yang dapat mengganggu seisi rumah. Jika diperlukan di area sekitar teras samping ini dapat dibuatkan beberapa ruang penyimpanan barang seperti sapu, alat pel dan sebagainya.

RUMAH EKSOTIS ala ALVAR AALTO HOUSE (Desain 1)

Disusun oleh : Andi Khusnulyakin, MT

Terinspirasi oleh karya Arsitek Alvar Aalto dalam studionya yaitu Alvar Aalto House, rumah ini di desain dengan fasad depan mirip dengan desain tersebut tetapi disesuaikan lokasi di bangun yaitu di daerah tropis (Indonesia) berupa bentuk dan layout denahnya. 


Elemen-elemen yang cukup dominan menjadi ciri khas Alvar Aalto House yaitu 

    1.   Balkon
Bentuk balkon yang bergabung dengan sebuah bidang yang menonjol atau sejajar dengan  salah satu sisi balkon tersebut. demikian juga dengan balkon yang terletak di fasad rumah ini, tetai sisi kirinya digabungkan dengan area tangga yang di setting mundur agar bagian balkon tampil cukup dominan di depan. Balkon ini dibuat cukup luas dan dapat diakses dari area ruang keluarga bagian atas. Bagian belakang juga dibuatkan balkon yang sedikit luas untuk area yang lebih privat. Ruang ini dapat digunakan pada akhir pekan untuk kegiatan bersantai keluarga. Rumah ini cocok dibangun di area yang pemandangan dari arah belakang site yang cukup indah.

    2.   Pencahayaan.
Penggunaan glass blok di bagian depan dapat memberikan cahaya alami yang cukup banyak untuk anak tangga dan sekitarnya. Selain itu peggunaan cahaya buatan yang baik akan menciptakan pencahayaan yang cukup eksotis pada malam hari. Di denah area belakang lantai dasar dibuatkan pintu geser transparan untuk memasukkan cahaya alami yang cukup ke dalam ruang tengah atau ruang keluarga. Selain itu, sisi kanan area taman dapat dilihat dari dalam sehingga suasana teras lebih luas dan lebih terbuka.

    3.   Denah.
Denah rumah ini sangat mempengaruhi fasad, walaupun dapat disesuaikan keinginan tetapi harus menyesuaikan bentuk fasad agar dalam merombak layout denahnya tanpa terlalu banyak mengubah fasad. Sehingga tampilannya secara keseluruhan tidak terlalu berubah



 

Sunday, February 17, 2019

RUMAH DESAIN EKSTROVERT

Disusun Oleh : ANDI KHUSNULYAKIN, MT



       Desain Ekstrovert adalah desain rumah yang terinspirasi dari desain San Cataldo dan Hotel II Palazo di Fokuoka Jepang. Bentuk dan fasad bangunan-bangunan tersebut cukup sederhana tetapi mempunyai karakter yang sangat kuat.


       Bagian paling depan bangunan ini dibuat lebih tinggi dan masif. Dengan demikian bangunan tersebut terkesan ekstrovert dan menonjol di lingkungannya. Sementara bagian belakang dibuat lebih rendah daripada bagian depan, tetapi dilengkapi dengan balkondan tower kecil. Oleh karena itu daerah belakang akan terasa lebih privat, bahkan membuat nyaman penghuninya untuk tinggal dan berbincang-bincang lebih lama di area belakang. Desain ini cocok  jika dibangun di daerah yang pemandangan belakangnya bagus.



       Selain di area belakang, bakon juga terdapat di sebelah sisi kiri yang cukup luas. Dengan dibatasi oleh dinding balkon setinggi satu meter yang berbentuk masif. area ini akan cukup terasa privasinya. Penghuninya tidak perlu khawatir untuk mengadakan kegiatan sambil duduk di area tersebut karena tidak terlalu terlihat dari luar.

       Pada desain ini pintu masuk dibuat agak melorong, sehingga meningkaktkan pengalaman ruang dan rasa ingn tahu pengunjung. Di bagian ini, teras dibuat cukup luas dan semi tertutup sehingga area ini dapat juga di jadikan ruang penerima tahu dan kegiatan lainnya yang membutuhkan space luas 
     






Saturday, February 16, 2019

RUMAH ALA WILHELMSTRASSE

Disusun oleh : ANDI KHUSNULYKIN, S.ST, MT


     Desain rumah ala Wilhelmstrasse ini terinspirasi dari bangunan perumahan komersial di Wilhelmstrasse Berlin Friedrichstadt. Bagian paling depan bangunan ini dilengkapi dengan menara kecil dengan jendela-jendela yang cukup banyak dan desain yang mengikuti bangunan tersebut. Elemen garis diperbanyak agar menciptakan efek bayangan vertikal baik di bagian fasad depan mapun di kiri dan kanan bagian depannya. Balkon bagian depan dibuat lebih tertutup dan tersambung hingga ke sisi kanan. Hal tersebut memungkinkan dilakukannya kegiatan semioutdoor dengan tingkat privasi yang lebih tinggi.




       Layout denah juga dibuat cukup sederhana. Bentuk bangunan secara keseluruhan yang tidak terlalu panjang ke belakang atau  cenderung bujur sangkar membuat siklus kegiatan di dalamnya cenderung terpusat dia area ruang keluarga.dan dapur. Di bagian ruang keluarga dibuat bukaan-bukaan yang cukup lebar sehingga cahaya alami ataupun udara alami dapat masuk ke dalam bangunan dengan cukup lancar. Plafond dibuat lebih tinggi agar iklim ruangan terasa lebih sejuk walaupun tidak menggunakan pendingin ruangan buatan. Di daerah-daerah tertentu, bentuk dan ukuran bukaan alami dapat disesuaikan seuai dengan kondisi dan iklim ruangan yang diinginkan.


Friday, February 15, 2019

RUMAH DRAMATISASI CAHAYA

Disusun Oleh : ANDI KHUSNULYAKIN, S.ST, MT



       Desain rumah dengan dramatisasi cahaya ini mengejar suasana pada bangunan-bangunan post-modern bergaya Italia khas Aldo Rossi. Namun dalam desain ini deretan kolom-kolom dibuat lebih dominan. Dengan demikian tercipta efek-efek bayangan dan cahaya yang cukup dramatis, baik pada siang hari maupun malam hari. Posisi bangunan terhadap garis edar matahari akan menentukan sedramatis apa efek bayangan akan tercipta. Sementara pada malam hari pemilihan dan posisi sumber cahaya buatan akan menentukan keindahan efek cahaya yang tercipta. Disarankan untuk memilih warna cahaya kombinasi antara warm light dan cold light atau dry light.



       Area taman depan dibatasi oleh pagar dan deretan kolom pendek untuk membantu menguatkan kesan garis-garis tersebut. Bagian tamannya, jika diinginkan dapat dibuat kolam air yang relatif dangkal. Dengan demikian pada malam hari, kesan dramatisnya akan bertambah melalui pantulan efek-efek caha dari tiang di permukaan kolam.

      Seperti desain Aldo Rossi biasanya,  denah  dibuat  cukup   sederhana.     Namun bagian atas dilengkapi dengan balkon di sisi depan dan kanannya. Bagian balkon depan ditutupi dengan deretan kolom sehingga membantu mengurangi silau dan panas jika bangunan ini cenderung menghadap ke arah barat. Selain itu, deretan kolom ini menciptakan ruang balkon yang setengan terbuaka atau setengan tertutup sehingga kesan privasi lebih meningkat. Anda dapat menggunakan ruangan ini tanpa terlihat dari semua sudut atau cenderung agak tersembunyi, tetapi pemandangan di depan masih tetap dapat dinikmati.


       Balkon  sebelah  kanan  dibuat  dengan  sangat  terbuka  dan  cukup  luas,   sehingga  mampu menampung beberapa kegiatan keluarga seperti meghabiskan akhir pekan dengan membuat pesta sate di atas balkon dll. Derajat keterbukaan balkon tersebut cukup tinggi. Oleh karena itu, jika anda merasa menginginkan area yang lebih tertutup, anda dapat menggunakan partisi yang terbuat dari tanaman.


       
     

Thursday, February 7, 2019

RUMAH KONSEP ITALIA POST-MODERN

RUMAH KONSEP POST-MODERN
Disusun Oleh : ANDI KHUSNULYAKIN, MT


        Mengejar suasana bangunan-bangunan Post-Modern bergaya Italia khas Arsitektur Aldo Rossi, jalur masuk ke pintu utama dilengkapi dengan pilar dengan pintu masuk yang tidak terlihat langsung. Hal itu akan memberikan pengalaman ruang yang berbeda dibanding rumah-rrumah di Indonesia yang secara umum pintu masknya terlihat jelas dan langsung diakses dari teras.
ekstrovert.


        Fasad/tampak depan rumah ini dilingkapi dan dihiasi dengan gaya jendela khmenjadi beberapa bagianas rumah-rumah di Italia dengan grid-grid sash/kusen yang terbagi menjadi beberapa bagian. Selain it bentuk atap bagian depan yang cukup dominan pada desain rumah Terracota ditarik ke belakang . Dengan demikian, fasade rumah ini tidak terlalu ekstrovert, tetapi sedikit introvert dan memberikan konfigurasi yang memuncak di bagian belakang.


        Bentuk atap bagian depan dibuat datar, sehingga gubahan masa bangunan tidak terlalu dominan di bagian depan. Denah dibuat linier dan sesederhana mungkin untuk mempermudah sirkulasi. Bagian sisi kiri atas dibuatkan bukaan yang berfugsi untuk menikmati pemandanan di samping lokasi rumah. Bagian sisi kiri bawah dibuatkan bukaan atau barisan kolom yang akan menciptakan efek bayangan dan menciptakan lorong seperti bangunan italia pada abad pertengahan. Keberhasilan pembuatan pada area ini akan tergantung kepada arsitek di lapangan untuk menciptakan detai dekorasi serta dimensi yang sesuai dan menarik.





Thursday, December 27, 2018

RUMAH KONSEP TERRACOTA DAN HIJAU

RUMAH KONSEP TERRACOTA DAN HIJAU
Disusun Oleh : ANDI KHUSNULYAKIN, S.ST, MT

Rumah dengan konsep terracota merupakan rumah yang diinspirasi oleh karya dan karya arsitektur Aldo Rossi  yaitu arsitek dari Milan Italia merupakan perintis dan desainer abad 20 yang terkenal terutama di benua Eropa.

Konsep terracota dalam desain Rumah 

Bentuk Bangunan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris sederhana. Desain tersebut digabungkan dengan beberapa bentuk atap yang tinggi serta penggunaan warna-warna yang khas yaitu terracota atau krem. warna tersebut di kombinasikan dengan warna hijau atau terkadang merah marun.

Ruangan dibuat sesederhana mungkin sesuai fungsi-fungsinya dan berdampingan secara linier dengan pemisah pintu ruang utama dan pintu ruang servis yang jelas. Pintu ruang servis ditempatkan agak jauh menjorok ke belakang, sedangkan pintu utama diletakkan lebih depan dan mudah ditemui. Dengan demikian kemungkinan salah masuk akan sangat kecil. Jalur masuk ke pintu ruang servis akan sering digunakan oleh penghuni  rumah sehingga dibuat dengan sedikit lorong menciptakan pengalaman ruang yang agak menyerupai suasana di Italia dengan barisan kolom-kolomnya.


Gubahan Massa Bangunan dibuat lebih tinggi dan menarik di bagian depannya yang memberikan kesan bentuk bangunan yang menyerupai bangunan-bangunan karya Aldo Rossi , seperti bangunan residen di Wilhem Und Kochstrasse Berlin.







Wednesday, December 26, 2018

HOUSE WITH HUMANIS INTERNATIONAL SCALE

RUMAH KONSEP SKALA HUMANIS INTERNASIONAL

Oleh : ANDI KHUSNULYAKIN, S.ST MT

         Rumah sebagai tempat hunian atau tempat tinggal dimana sebagian besar aktifias dilakukan oleh manusia maka diperlukan desain yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Sebuah rumah setiap orang tidak harus sama karena harus memperhatikan beberapa faktor dan indikator tiap penghuni. disamping itu desain rumah harus menyesuaikan dengan lingkungan atau kondisi gegrafis, iklim, lingkungan sosial dan faktor eksternal rumah lainnya.. Lebih ekstrim lagi rumah dibangun di daerah dengan mepat musim pasti tidak cocok di bangun di daerah dengan dua musim.
         Rumah dengan macam dan ragamnya desain menyesuaikan dengan penghuni dan kondisi daerah lingkungan harus mempunyai titik temu dalam skala-skala humanis secara umum. Panduan dan pedoman utama seorang rsitek dalam merancang pada umumnya menggunakan Neufert Data Arsitek, demikian pula halnya dengan desain rumah hunian 


Dalam Buku data arsitek jilid 1 berisi ukuran atau skala sesuai dengan aktivitas manusi. pada rumah konsep humanisme internasional harus menggunakan data basic ini, sedangkan aksesoris seperti ukuran dan model bisa bebas.


RUMAH KONSEP BRUTAL (BRUTALISM)

RUMAH KONSEP BRUTAL (BRUTALISM)
Brutalism adalah konsep arsitektur dengan nama sangar ini identic dengan penggunaan beton sebgai material dominan, contohnya rumah dyang didesain oleh Gito Sibarani (arsitek/pemilik rumah) di daerah kreo Tanggerang  berikut :

Konsep rumah Brutalism :
·     Konsep brutalism adalah gaya arsitektural yang lahir dari Negara Eropa terutama di perancis. Brutalisme dari bahasa perancis, kata Brut berarti beton kasar apa adanya dengan karakterbeton yang memiliki kesan simple apa adanya namun kuat yang menciptakan kesan berat.


·    Untuk menetralisir kesan berat pada gaya arsitektur ini maka harus di kombinasi dengan material transparan namun ringan seperti kaca.

·    Pada Vasade minimalkan dengan menggunakan roster beton utnuk vrntilasi udara alami masuk ke dalam. Satu kata yang tepat untuk vasade ini adalah First impressieon.
·    Halaman luar berupa Pagar ditutup dengan material corporated sedangkan carport dilapis bebatuan agar mampu menyerap air.
·       Pintu rumah diletakkan di samping dan agak ke belakang bertujuan  : pertama Privasi karena pintu terbuat dari material kaca kalau diletakkan di depan akan kelihatan transparan sampai ke dalam. Apabla pintu diletakkan di samping belakang agar kita masuk lewat belakang terasa nada sequence (urutan), dimana kita diajak untuk jalan dulu melihat view kemudian sampai ke ujungnya adalah pintu itu sendiri.

Thursday, December 13, 2018

RUMAH KONSEP WHITE HOUSE

WHITE HOUSE PADA HUNIAN

ASAL MULA DESAIN WHITE HOUSE PALACE





Perancis selalu mengahadirkan pesona indah yang elegan, banyak orang mengenal Perancis karena identitasnya sebagai sebuah negara yang artistik, klasik, dan estetik dan romantis. dilihat dari seni arsitektur dan desain interiornya terlihat pada elemen unsur seni yang kental. Konsep pada bangunan Perancis lebih menekankan pada sisi kemewahan dan glamouritas masa lalu, kesan inilah yang dapat kita sampaikan pada hunian konsep white house Palace.



.


Konsep White House Palace pada hunian
  • Gaya bangunan yang kokoh disampaikan pada sudut-sudut bangunannya. kesan kokoh dan mewah dapat dilihat pada bentuk vasadenya. bentukan vasade yang tinggi dengan garis simetris yang tegas dan bertingkat diaplikasikan untuk kesan utama yang dibangun.
  • Detail bangunan yang cantik, merupakan identik bangunan perancis yang berbeda dengn british clasic. untuk mendukung penghuni yang menyukai segala hal aksesoris, fashion yang menjadi inspirasi untuk desain arsitektur dan interiornya memakai style franc clasic.
  • Kesan mewah dan homey pada sudut-sudut ruangannya.
  • Pemilihan warna putih menjadi salah satu point menarik yang setiap sudut rumah

Kesan Kemegahan dan kemewahan dari bentuk simetris dan warna putih

  • Pada ruang depan setelah memasuki pintu depan didapatkan consoltable yang simpel namun tidak membosankan melalu sentuhan gambar atau foto besar yang dipajang serta pajangan yang lucu dan tidak berat. Consoltable yang menjadi penyambut tamu yang datang menyatu dengan adanya ruangan tamu penatan yang simpel. Penggunaan karpet warna abu-abu dan corak gelap terang dipadukan dengan sofa warna krem yang tidak terang, pada bagian ini furniture gelap hanya ditonjolkan melalui pemilihan meja yang berwarna coklat gelap, unuk memberikan nuansa yang tidak monoton sengaja ditetampat bantal dengan motif beragam serta peletakan boneka besar. Rak yang digunakan untuk meletakkan televisipun diidominasi dengan warna putih sebagai tema utama ruangan 

Ruang Tamu

 Meja Televisi


Boneka dan bantal aneka ragam menghindari kesan monoton

  • Kesan luas didapatkan dengan menyatukan beberapa ruangan melalui rumah ini dibuat terbuka dan mengurangi sekat antara ruang tamu, ruang makan, dan dapur dapat diakses dalam sudut penglihatan mata yang tegag lurus.sebagai pengganti sebagai sekat pemisah ruang tamu dan ruang makan diaplikasikan lantai marmer dengan corak berbeda, 

  • Penggunaan material marmer untuk memberikan kesan grandi yang selalu diusung oleh bangunan bergaya prancis yang clasic. marmaer yang dipilih dengan corak simpel dan warna lembut yaitu putih dan light gray. Sebagai aksen bisa kita gunakan marmer corak chess (papan catur) yang identik dengan palace seperti di Perancis yaitu Fersal Palace dengan patern atau corak sama karena simpel, simetris dan cocok untuk sesuatu yang grandi.

  • Sentuhan alam pada bangunan perancis ini dapat dilihat dan dinikmati dari dalam rumah, Pada bagian ini dapat dilihat rerumputan yang diberi area untuk duduk santai denganfurniture yang mewakili nuansa alam. Area ini menjadi fungsional dengan manfaatnya sebagai pemberi cahaya matahari langsung untuk area dalam rumah karean sumber cahaya matahari merupakan sumber iluminasi yang paling bagus serta harus kita masukkan ke dalam rumah. Jadi rumah bisa terlihat lapang, lega, bersih dan nyaman salah satu diantaranya dari pencahayaan yang bagus.

Taman dan bangku santai dari kayu kesan natural alami


Sumber cahaya dari bukaan jendela

  • Daerah dinning room memberikan kesan tidak berlebihan namun elegan nampak dari pemilihan furniturenya. Pada ruangan ini digunakan meja makan bermaterial permukaan kayu dengan material utama yang terekspose jelas warna aslinya. Kesan santai disampaikan melalui material kayunya sedangkan kesan elegan melalui penggunaan kursi berwarna senada. \Sentuhan berbeda sebagai cerminan dari pemilik terutama pasangan muda dapat diberikan sentuhan furniture unik pada ruangan ini yaitu penempatan sebuah kursi santai berukuran besar menjadi point menarik ruang ini, kursi santai berbentuk bulat dengan bukaan depan dapat digunakan saat berbincang dengan orang yang sedang makan, bentuknya yang bulat serta multy prigat yang digunakan mebuat kursi ini menjadi sudut unuk ruangan. menambah arti dari penggunaan furniture pada ruang ini  digunakan satu lemari besar berwarna putih yang dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa foto dan beberapa pajangan. lemari yang dapat dibuka tutup ini memberikan nilai fugsional tinggi karena tidak menghabiskan banyak tempat dan kemudahan untuk di pindahkan dengan penggunaan roda untuk kakinya.  
Lemari terbuka dengan roda
  • Dapur masih menyatu dengan dinning room, ditata dengan nada yang serupa yaitu dominasi warna putih, penggunaan material marmer dipilih untuk memberikan kesan kokoh pada ruangan ini. Kesan kokoh dan elegan pada dapur ini dapat juga terlihat dari ketinggian meja yang digunakan serta aplikusi kursi yang digunakan untuk melengkapinya, bagian depan dari meja dapur ini sengaja dilengkapi dengan rak terbuka untuk meletakkan beberapa pajangan dan benda agar mudah dijangkau  
Pemilihan warna yang menimbulkan kesan glamor


Kesan elegan pada ketinggian meja dapur 

  • Akses menuju lantai berikutnya digunakan aplikasi tangga melingkar  dengan  material marmer mempertegas kesan palace untuk rumah ini dimana sebutan White Palace nampak tidak berlebihan ketika anda melewati tangga ini. material dengan aplikasi warna hitam dan putih memberi nuansa yang berbeda. Tidak membiarkan akses cantik ini kosong maka dinding dihiasi dengan berbagai foto berfram dan kaya akan sntuhan seni yang memiliki sejarah tertentu sendiri. Selain melalui foto untuk kesan istana juga nampak pada aksen pembatas tangga yang didominasi dengan warna hitam putih dan sentuhan pembatas yang kaya akan bentuk bulatan dan memanjang. menjadi point yang tidak biasa, daerah tanggadigunakan lampu gantung kristal yang memiliki bentukan persegi panjang yang memberikan kesan simetris 
Fota berfrem dengan sentuhan seni pada dinding 

Lampu gantung menambah unsur kemegahan dari detail bentuknya
  • Lantai dua terdiri atas ruangan kamar utama yang luas, Ruang kerja yang teraplikasi satu buah panjangan yang emmiliki makna tersendiri bagi pemiliknya, pajangan dengan bentuk peta dibuat sebagai wadah dari pemilik rumah yang memiliki hobi traveling. Foto setiap tempat yang dikunjungi ditempel di peta tersebut sehingga  nilai sejarah serta fungsi reminder pajangn ini akan emberikan nuansa yang berbeda bagi dinding rumah.


Ruang Kerja

Peta tempat temela destinasi traveling


TOP HIPOTESA

Bangunan bergaya prancis merupakan bangunan yang berkesan mewah dan glamor . Kesan mewah tidak selalu tercipta melalui lahan yang luas tetapi dapat juga dengan memberikan aksen aksen dinding, bentukan yang simetris serta forniture yang sesuai 
  •  
  •   

Postingan terbaru

INTERIOR RUMAH KONSEP GABUNGNAN SCANDINAVIAN DAN INDUSTRIAL

Disusun oleh : H. ANDI KHUSNULYAKIN, MT Bagaimana mengaplikasikan warna putih di hunian supaya terlihat stylish? Tidak suka dengan Hu...

Seluruh Postingan